ban motor

Beberapa Tips Memilih Ban Sepeda Motor Terbaik


Sepeda motor saat ini sudah jadi produk yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Fungsinya yang begitu penting demi menyokong aktivitas sehari-hari ini nyatanya mampu membantu mobilitas masyarakat, baik yang ada di perkotaan maupun pedesaan. Dengan fungsi yang begitu penting, sudah layak jika kendaraan yang satu ini juga wajib dimiliki keluarga Indonesia.

Salah satu komponen sepeda motor http://www.yamaha-motor.co.id/partscatalogue yang sangat penting adalah ban. komponen ini merupakan bagian ekternal dari sepeda motor yang berfungsi sebagai alat penggerak dan bersentuhan langsung dengan kontur jalan. Memilih ban yang pas sesuai dengan kebutuhan akan meningkatkan kualitas dari sepeda motor tersebut. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips menarik yang bisa Anda lakukan dalam memilih ban terbaik.

1. Mengetahui Tipe Ban

Hal awal yang harus Anda ketahui dalam memilih ban terbaik untuk sepeda motor kesayangan adalah dengan mengetahui tipe atau jenis ban yang ada. Selama ini, ban dikenal memiliki tiga tipe spesifikasi, yakni ban kering basah, basah, dan kering. Ketiga ban ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda loh. Untuk ban kering basah merupakan ban yang sering dipakai di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Ban ini mempunyai ciri denagn alur ban yang tidak terlalu banyak serta dapat dipakai dalam berbagai situasi, baik kering ataupun sedang turun hujan.

2. Ukuran Ban

Setelah mengetahui tipe-tipe ban yang ingin dipilih, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih ukuran ban. Nah pada komponen ini biasanya ukuran ban juga akan menyesuaikan dengan ukuran velg. Untuk standar ukuran ban biasanya memiliki speck 70/90 untuk sepeda motor injeksi dan untuk sepeda matic 80/90 atau 90/90. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran ban dengan velg serta spesifikasi jenis motor ya gais agar tak salah beli.

3. Mengecek Tahun Pembuatan ban

Sebelum Anda memilih ban yang ingin dibeli, satu hal yang wajib ditelusuri adalah tahun pembuatan ban. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena semakin lama ban dibuat namun tak dipakai maka kualitasnyaakan menurun. Menurut beberapa sumber ban yang baik tidak melebihi 12 bulan setelah ban diporduksi. Pada box ban biasanya tertera kode pembuatannya. Terdapat empat digit nomor sebagai penanda dari kode pembuatan. Misalkan contoh tertera nomor 0815. Itu artinya ban yang dijual telah dibuat sejak bulan ke delapan tahun 2015.

4. Perhatikan Tampilan Pola Pada Ban

Selain melihat dari kondisi bahan yang digunakan, ternytata aspek pola pada ban juga memiliki keunggulan tersendiri. Ban sendiri memiliki beberapa pola di kulit bagian luarnya. Hal ini tentu saja di kondisikan dengan jalur/jalan yang akan ditempuh. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat ini di jalanan perkotaan yang mulus, pola ban yang dipakai biasanya memakai bentuk normal dengan garis-garis yang terstruktur. Namun jika Anda menggunkan sepeda motor di jalanan yang sulit dan terjal, upayakan untuk memilih pola ban dengan tingkat pola seperti gerigi. Hal ini untuk menunjang ban yang nantinya akan melewati jalanan yang terjal dan bebatuan. Sementara untuk jalanan yang licin, pakailah ban dengan pola V untuk menambah akselerasi mobil pada jalanan yang licin dan menikung.

Nah itu dia beberapa tips untuk memilih ban terbaik bagi kendaraan roda dua Anda. Memilih ban yang sesuai dapat menambah kualitas performa sepeda motor Anda. Semoga bermanfaat.

Comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *